Mar 21, 2010

Menyusun Puzzle (17 Maret 2010)

Bahan : puzzle terbuat dari kertas origami berwarna-warni, double tip dan kertas untuk menempel

Alhamdulillah, Rabu sore ini cuaca cerah, sehingga banyak anggota FAS yang hadir di acara kali ini. Tema FAS kali ini adalah “Menyusun Puzzle”. Puzzle yang akan di susun terbuat dari kertas lipat warna-warni dipotong berbentuk mobil-mobilan, ikan, rumah dan kelinci yang pada bagian blakangnya diberi perekat berupa duble tip untuk memudahkan anak-anak menyusunnya diatas kertas HVS.

Tingkat kesulitan menyusun puzzle berbeda untuk batita dan anak-anak berusia 3+, untuk batita diberikan puzzle berbentuk ikan dan mobil-mobilan yang tingkat kesulitannya lebih rendah dari menyusun puzzle berbentuk rumah dan kelinci yang diberikan untuk anak-anak yang berusia 3+.



Tujuan dari tema FAS kali ini adalah:
- Meningkatkan kreatifitas anak
- Meningkatkan ketelitian anak
- Melatih kesabaran
- Melatih motorik anak

Acara FAS dimulai dengan membaca doa belajar dan nyanyian-nyanyian yang dipilih oleh anak-anak. Sebagai prolog pengajar bertanya kepada anak-anak bagaimana cara agar kita masuk surga? Ada yang menjawab dengan membaca iqra, bersekolah, sholat, mengaji Al-Quran dan mentaati/berbakti kepada orang tua. Acara dilanjutkan pada acara inti yaitu menyusun Puzzle.

Anak-anak diberi selembar kertas HVS sebagai media untuk menyusun Puzzle dan potongan-potongan Puzzle yang harus disusun. Setelah semua anak mendapatkan potongan Puzzle kemudian mereka menyusunnya. Anak-anak berusia 3+ sebagian sudah bisa menyusun Puzzle hanya dengan melihat contoh Puzzle yang sudah tersusun, sebagian lagi masih mendapat bimbingan dari orangtuanya sedangkan semua anak batita masih dibimbing orang tuanya saat menyusun Puzzle. Setelah selesai menyusun Puzzle anak-anak mengumpulkan Puzzle kepada pengajar.

Acara dilanjutkan dengan bernyanyi. Anak-anak, pengajar dan sebagian orang tua batita berdiri membuat lingkaran lalu berkeliling menyanyikan lagu naik kereta api dan beberapa lagu lainnya. Selesai bernyanyi acara dilanjutkan dengan makan kue bersama. Anak-anak membubarkan diri sebelum membaca doa penutup. Untuk kedepannya agar anak-anak membaca do’a penutup bersama, sebaiknya acara makan kue dilakukan setelah membaca do’a penutup.


by Mama Azmi

0 komentar:

Post a Comment

 

Forum Anak Sholeh Copyright © 2010 | Blogger Templates by Blogger| Supported by IndoInovasi